Jumat, 05 Februari 2010

Stasiun Bumi milik Indonesia

Stasiun Bumi

Apakah anda mengetahui kalo negara kita itu mempunyai stasiun bumi.
berfungsi sbgai penginderaan jauh..
Stasiun ini dikelola oleh PT. Indosat.tbk sebagai alat komunikasi internasional. Jenis layanan yang disediakan antara lain international toll free service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), international direct dan lainnya.
Stasiun itu berada di jatiluhur, purwakarta..jadi kalo ke kota itu gak cuma ke waduk jatiluhur tapi juga ke stasiun bumi ini..lumayan nambah tempat jalan2..




salah satu tugas dari stasiun ini adalah dalam hal pengendalian satelit Palapa-D yg diluncurkan dari China pada Agustus 2009..gedung pengendalinya dinamakan gedung satelit..

Gedung satelit Palapa memiliki luas 2.500 m2. Gedung bangunan dua lantai ini berisikan berbagai ruang pengendali dan pengawas, seperti Ruang Control Communication, Ruang Control Satelit, Ruang Base Band & Intermediate Frequency, Ruang Shelter, Ruang Workshop, Ruang Kerja Staf dan Ruang Istirahat.

Satelit Palapa D sendiri merupakan satelit Indosat yang akan menggantikan Satelit Palapa C2 yang masa orbitnya berakhir pada 2011 di Slot 113ยบ Bujur Timur (BT).

Satelit Palapa-D

stasiun bumi

photo dari KunHeKun

sekarang pemerintah kita membangun satu lagi stasiun bumi di Biak, Papua yang dioperasikan oleh LAPAN...(mungkin aja jadi space station untuk ngeluncurin roket pendorong
satelit buatan lokal)..kta dah bisa buat lho roketnya+satelitnya..
-love Indonesia-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar