Sabtu, 13 Februari 2010

Benua Ke-6 Antartica


Antartica


pastilah kita tau bahwa bumi kita ni ada kutub utara (Artik) dan kutub selatan (Antartika)..
nahh tau gak kalo Artik itu sbenarnya adalah laut yg membeku,,kalo di Antartika itu daratan yg membeku...
yap daratan yg sangat luas membeku dan ditutup es dan salju...
benua itu mempunyai luas 14.000.000m2...(280.000 km² bebas es, 13.720.000 km² tertutup es)
(bisa byangin gede bgt kan) benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan..benua ini ditemukan pada 1820 dan pendaratan manusia pertama setaon kemudian...


Populasinya terkecil dibanding benua2 laenya (rata2 sih dihuni peneliti dan ilmuwan) kurang lebih 1000 orang. Benua ini memiliki ketinggian tanah rata2 tertinggi, trus kelembapan rata2 terendah dan suhu2 rata2 terendah di bumi..
tau2nya ada juga yg lahir di benua gak berpenghuni itu yaitu Emilio Marco Palma (lahir 7 Januari, 1978) itu adalah orang pertama yg lahir disana,,(dia WN Argentina) trus pada thn 1986 dan 1987 di stasiun Chili lahir anak cwo dan anak cwe...bhhh anak angkatan 2004 dan 2005 (kalo kuliah di Indonesia)..hahaha..

 
 
suhu disana itu -85 atau -90 derajat celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih panas di musim panas...ya tetep aja dingin buanget...Hampir seluruh benua ini diselimuti es setebal rata-rata 2,5 km..lumayan dalem..
hewan yg tinggal disono ya pinguin, singa laut, paus dan anjing laut...


saking gedenya banyak negara ngajuin klaim tapi sampai saat ini masih zona bebas..
Walau tidak ada pemukim tetap, 29 negara yang menandatangani Traktat Antartica memiliki stasiun riset yang umumnya selalu digunakan sepanjang tahun. 
bahkan punya kode telepon international juga +672

fenomena alam disana ekstrim juga di ujung kutub, bayangin aja siang selama 6 bulan trus malam selama 6 bulan...gila juga...berarti tidur siang 6 bulan dan tidur malam 6 bulan juga hahahhha...



oya terus anda tau jika ada juga wisata ke benua antartica...
Wisatanya biasanya lewat pelayaran laut. jadi pada menumpang kapal pesiar mewah yang berlayar deketin Antarktika dalam jarak yang aman karena laut di sekitar Antarktika yang penuh dengan gunung-gunung es.. 
Di dasawarsa 70-an, wisata dengan pesawat terbang juga populer untuk sesaat. Ada 2 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan melintasi Antarktika untuk menikmati pemandangan dari udara yaitu Qantas Airline dan Air New Zealand..tapi stelah kecelakaan ANZ nabrak gunung,,maka dihentikan smua..
 gile juga...boleh juga tu jalan2 ke antartica maen lempar2 salju hahhahaha...

ni websitenya salah satu tour..


 

 

 

  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar