Rabu, 05 Oktober 2011

Vatikan's Noble Guard


Nahhh yang ini pasti gak pernah kita dengar kan..kita cuma tau kalo Vatikan itu cuma punya Swiss Guard...
Dalam Bhs Italia Guardia Nobile..
Satuan ini dibentuk oleh Paus Pius VII pada tahun 1801 sebagai resimen kavaleri berat.. Berbeda dengan Swiss Guard yang merupakan pasukan bayaran, Noble Guard merupakan pasukan sukarelawan. 

Korps ini juga merupakan pengawal Paus dan dewan Kardinal di negara-negara kepausan saat itu. Salah satu dari tugas-tugas utama mereka adalah untuk mengawal Paus Pius VII ke Paris untuk menghadiri penobatan Napoleon Bonaparte. Dengan terbentuknya negara Italia yang bersatu dan pengambil-alihan Negara-negara Kepausan di tahun 1870, Garda Mulia berubah menjadi sebuah korps pengawal infantri..

Salah satu posisi bawahan di dalam korps ini adalah "Pemanggul Panji Pusaka", yang bertanggung-jawab untuk membawa panji Gereja Katolik.

Garda Mulia muncul di hadapan publik hanya ketika Sri Paus mengambil bagian dalam suatu kegiatan publik, ketika Sri Paus berjalan meninggalkan tempat kegiatan publik tersebut, ia diikuti oleh Garda Mulia..

Garda ini dibubarkan oleh Paus Paulus VI ada tahun 1970 sebagai bagian dari reformasi gereja menyusul Konsili Vatikan II (maka nya kita gak tau tentang pasukan ini)...

-sekian terima kasih-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar