Jumat, 23 Oktober 2009

Buku "Great Battles of the Waffen SS" buku fav saya


Waffen SS Divisional Insignia

Chapter 1 KHARKOV
Pertempuran yang melibatkan pasukan Leibstandarte dan Das Reich di kota Kharkov, Ukraina untuk menyelamatkan Germany's Army Group South dan seluruh front timur.

Chapter 2 KURSK
Kota Kursk di Ukraina adalah saksi dari pertempuran tank terbesar sepanjang sejarah. Melibatkan divisi Leibstandarte, Das Reich, Totenkopf dan Wiking. Saking besarnya, pasukan SS sendiri menghancurkan 1148 tank Soviet (blom termasuk yg dihancurkan pasukan AD) dalam operasi Citadel.

Chapter 3 KESSEL BATTLES
Chapter ini menceritakan tentang pasukan Leibstandarte, Totenkopf dan Wiking menyelamatkan Cherkassy dan Podolsk Pocket. Jika pocket ini dihancurkan oleh Soviet maka Jerman akan kehilangan 200ribu pasukan dan menjadi kehilangan terbesar, lebih besar dari kekalahan Stalingrad.


Chapter 4 CARNAGE AT CAEN
Pertempuran beralih ke Front Barat dimana Jerman berhadapan dengan pasukan Sekutu yang sudah mendarat di Normandy dan ingin merebut kota Caen di Perancis. Chapter ini menceritakan bagaimana usaha pasukan Hitlerjugend bertahan dan berusaha mendorong pasukan Sekutu kembali ke laut. Pasukan Sekutu yang ditampilkan adalah pasukan Inggris dan Kanada.

Chapter 5 VILLERS BOCAGE
Pasukan Hitlerjugend berhadapan dengan pasukan Inggris. Chapter ini menceritakan tentang Germany's Top Panzer ace Michael Wittman. Komandan pasukan 101st Heavy Panzer battalion yang dilebur ke dalam Hitlerjugend division. Pertempuran dimana dia sendiri menghancurkan pasukan tank Inggris di desa Villers Bocage.



Chapter 6 PANZER INFERNO
Pasukan Hitlerjugend dan Panzer Lehr divisions mendapat bantuan dari Leibstandarte dan Das Reich yang baru tiba dari Front Timur. Pertempuran masih berlatar belakang dalam perebutan kota Caen. Operasi ini dinamakan operasi Epsom.



Chapter 7 FLESH AGAINTS STEEL
SS Panzer Corp (Hohenstaufen dan Frundsberg) menghancurkan British 1st Airborne division di kota Arnhem, Belanda dan mengagalkan Operasi Market Garden. Kalau masih belum dapat gambaran, silakan ente nonton film A BRIDGE TOO FAR aja deh.

Chapter 8 ARDENNES
Chapter ini menceritakan tentang keikutsertaan pasukan Panzer Waffen SS (semua divisi) dalam serangan terakhir pasukan Jerman di Front Barat. Berlokasi di hutan Ardennes, Belgia. Lawannya adalah pasukan AS. Ingin tau gambaran perangnya, ente nonton film The battle of Bulge ato kalo mau liat dari sisi AS nonton Band of Brother episod 6 bastogne dan 7 breaking points.


Chapter 9 SPRING AWAKENING
Divisi Waffen SS (Leibstandarte, Totenkopf, Wiking, Hitlerjugend, Hohenstaufen dan Frundsberg) diperintahkan oleh Fuhrer untuk mempertahankan Hongaria dari serangan pasukan besar Soviet dan menyelamatkan 70.000 pasukan gabungan Jerman dan Hongaria (sekutu Jerman) di Budapest, ibukota Hongaria. Offensive besar terakhir pasukan Waffen SS pada Perang Dunia 2.

Buku ini adalah buku favorit gw. Meskipun sudah beberapa kali baca, tapi kalo diliat lagi pasti ingin baca lagi dan lagi. Buku ini terdapat 150 foto dan peta2 pertempuran (full color) yang membuat kita bisa mengerti jalanya pertempuran.
bagi pecinta militer, pastilah sudah tau tentang pasukan ini. Waffen SS adalah pasukan elit yang dibuat Hitler di PD2. mereka secara de jure berada di bawah SS tapi de facto nya di bawah AD. garis komandonya dan penugasanya oleh kepala staf AD (KSAD). simpelnya mereka adalah pasukan tempur biasa dan tak ada kaitannya dengan politik Nazi. Meskipun Waffen SS terdapat berbagai macam divisi (Panzer, Panzergrenadier, gerbirsjager dll), tapi buku ini memfokuskan pada divisi Panzer Waffen SS.
1st SS Panzer division Leibstandarte
2nd SS Panzer division Das Reich
3rd SS Panzer division Totenkopf
5th SS Panzer division Wiking
9th SS Panzer division Hohenstaufen
10th SS Panzer division Frundsberg
12th SS Panzer division Hitlerjugend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar